Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo

Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo - Belut goreng adalah salah satu makanan yang sangat di sukai oleh masyarakat luas . mungkin karena gurih nya yang tercipta dari sebuah belut membuat lidah penggemar ikan ketagihan akan citarasa yang di hadirkan oleh belut . belut sendiri merupakan ikan yang bentuknya menyerupai ular , kecil panjang dan hidup di air . walaupun daging belut sendiri tidak sebanyak daging ikan atau daging ayam pada umumnya tapi untuk pecinta belut tidak pernah mempermasalahkan soal daging nya .

Belut biasa nya hidup di sawah-sawah atau di tempat yang berlumpur . makanya jika anda tinggal diperdesaan mungkin sudah tidak asing lagi jika mencari belut disawah . karena belut-belut biasanya hidup di lumpur atau di sawah bekas panen tiba . saya juga tidak tahu asal usul belut itu dari mana yang saya tahu daging belut itu sangat enak jika di nikmati bersama nasi putih hangat , sambal dan lalaban .

Anda bisa memadukan gurihnya daging belut dengan sambal dan lalaban kesukaan anda . seprti timun , kemangi , daun singkong , kol dan sebagainya menurut selera anda dan keluarga dirumah . walaupun memakan belut itu agak ribet karena daging yang begitu kecil dan didalam nya terbalut duri yang melingkari keseluruan daging belut , tapi itu yang membuat citarasa belut semakin gurih dan semakin di minati oleh masyarakat luas . pokoknya makyuss banget deh , pastinya anda juga sudah tidak meragukan nikmatnya daging belut bukan ?

Saya juga pecinta belut , kadang saya olah dengan cuman di goreng dengan bumbu ala ikan saja . lalu seperti yang saya bilang tadi , saya padukan dengan sambal dan lalaban kesukaan saya dan keluarga dirumah . tapi kali ini saya akan mencoba meberikan resep dari belut yang cukup nikmat dan lezat yaitu belut goreng cabe ijo . anda dapat hadirkan belut goreng goreng cabe ijo untuk menu masakan yang enak atau menu selingan untuk keluarga anda dirumah .

Bagaimana rasanya yah jika gurihnya daging belut dipadukan dengan cabe ijo ? wow pasti tambah nikmat dan gurih donk . jika anda penasaran dengan citarasa yang dihadirkan oleh belut goreng dan cabe ijo kita buat sama-sama yuck belut goreng cabe ijo nya . dalam pembuatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah dan terjangkau . nah untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat resep nya dibawah ini .

Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo

 Belut goreng adalah salah satu makanan yang sangat di sukai oleh masyarakat luas  Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo

Bahan-bahan Belut Goreng Special Cabe Ijo :

  • Belut 1 kilo gram ( bersihkan , lalu dipotong-potong )
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1 1/2 sendok teh
  • Air jeruk nipis 1 sendok teh
  • Secukupnya minyak goreng ( untuk menggoreng )
  • Air 350 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam 3/4 sendok teh

Bumbu Halus Belut Goreng Special Cabe Ijo :

  • Cabai hijau 3 buah
  • Petai 1 papan ( belah menjadi 2 bagian )
  • Cabai merah 12 buah
  • Tomat 1 buah
  • Bawang merah 10 butir
  • Minyak goreng 3 sendok makan untuk menumis 

Cara Membuat Belut Goreng Special Cabe Ijo :

  1. Pertama-tama lumuri belut dengan ketumbar , garam dan air jeruk , lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit .
  2. Selanjutnya goreng belut yang sudah dipotong-potong tadi hingga kering , sisihkan .
  3. Kemudian panaskan minyak goreng , tumis bumbu halus tadi dan petai hingga wangi . lalu tambahkan gula , garam , dan air jeruk . aduk hingga rata lalu angkat .
  4. Terakhir masukkan belut , aduk merata hingga bumbu meresap .
  5. Selesai , sajikan ke dalam piring saji belut goreng cabe ijo siap di nikmati .

Tips Mengolah Daging Belut Supaya Tidak Bau Amis :

  1. Pertama bersihkan terlebih dahulu belutnya , setelah di bersihkan gosok-gosok belut dengan menggunakan abu gosok supaya lendirnya keluar .
  2. Setelah itu cuci dengan air hingga bersih lalu tiriskan .
  3. Kemudian ambil satu kilo timun lalu di parut , amil belut yang sudah dibersihkan pukul hingga 2 x dengan ulekan hingga megar atau hingga tulangnya patah .
  4. Selanjutnya masukkan belut atau lindung tadi ke dalam parutan timun aduk-aduk sambil di remas-remas kira-kira kurang lebih 15 menit , angkat bersihkan lalu belut siap di olah tanpa berbau amis .

Nah itu dia dari bahan-bahan , cara pembuatannya dan beberapa tips dalam mengolah belut . cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo ini yah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak yang wajib anda coba dirumah . terimakasih sudah membuka resep ini , semoga resep ini bermanfaat . sekian :)

0 Response to "Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel